Profil SMPIT Ar Raihan, Bantul, DI Yogyakarta


SMPIT Ar Raihan (disebut juga Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ar Raihan) merupakan salah satu sekolah menengah pertama swasta di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah

SMPIT Ar Raihan didirikan untuk merepons berbagai situasi yang sedang berkembang di masyarakat, di antaranya (1) untuk menampung lulusan sekolah dasar-sekolah dasar di Kabupaten Bantul dan (2) untuk turut berkontribusi dalam pendidikan formal berbasis keagamaan (Islam). Atas dasar pemikiran tersebut, Pengurus Yayasan Ar Raihan menunjuk Ketua Tim Pendirian SMPIT Ar Raihan, yaitu Mulyono, M.Pd. untuk merintis berdirinya SMPIT Ar Raihan. Di bawah komando Mulyono, M.Pd., tim bentukan Pengurus Yayasan Ar Raihan tersebut berhasil membuka SMPIT Ar Raihan yang ditandai keluarnya izin operasional dari Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul mulai tahun ajaran 2013/2014.

Lokasi yang dipilih sebagai tempat operasional SMPIT Ar Raihan adalah gedung SDIT Ar Raihan di Dusun Manding Dawang, Kelurahan Sabdodadi, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai konsekuensi dari kebijakan ini, operasional SDIT Ar Raihan yang semula terpisah di tiga tempat (termasuk di antaranya di Manding Dawang), dikonsentrasikan di Dusun Sumberbatikan dan Dusun Karangmojo, Kelurahan Trirenggo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Sekolah

Early Utami, S.Psi. M.A.

Program ekstrakurikuler
  1. Pramuka
  2. Tahsin
  3. Tahfidz
  4. Fotografi
  5. Robotika
  6. Seni Lukis
  7. Seni Musik
  8. PMR
  9. Club IPA
  10. Fun Math
  11. Club Bahasa
  12. Futsal
  13. Badminton
  14. Basket
Informasi lebih lanjut kunjungi situs SMPIT Ar Raihan.